10 Jenis-Jenis Bahan Sepatu dan Cara Merawat Sepatunya

Zhoes Laundry Sepatu - Jenis Jenis Bahan Sepatu dan Cara Merawat Sepatu

ZHOES Tangerang Selatan Laundry Sepatu Pondok Aren - Memiliki sepatu nyaman yang lama digunakan pastinya adalah keuntungan yang jarang dirasakan oleh banyak orang. Hal tersebut tidak lepas karena kebanyakan orang belum lama membeli sepatu tapi kemudian mereka harus menggantinya dengan baru. Biasanya hal ini disebabkan karena sepatu lama yang rusak ataupun kualitasnya yang sudah menurun drastis.

Padahal kerusakan pada sepatu ini tentunya bisa diantisipasi dengan cara perawatan yang benar. Sayangnya, masih banyak orang yang tidak menganggap serius hal ini. Jikapun mereka melakukan perawatan, masih banyak yang tidak memperhatikan jenis sepatu ketika melakukan perawatan. Padahal jenis bahan sepatu yang dimiliki akan sangat mempengaruhi cara perawatan seperti berikut ini.

1. Sepatu dengan Bahan Kulit Asli

Jenis bahan sepatu yang paling sering digunakan pada banyak produk sepatu adalah bahan kulit asli. Apabila Anda memperhatikan bahwa banyak sekali produk sepatu khusus pria yang menggunakan bahan kulit asli. Namun perlu menjadi catatan khusus juga bahwa bahan kulit ini juga memiliki banyak jenisnya.

Sebut saja seperti jenis finish leather yang merupakan bahan kulit asli yang tidak terlalu banyak melalui proses modifikasi. Jadi bisa dibilang, finish leather yang tekstur kulit benar-benar masih mendekati kulit asli. Lalu ada juga jenis pull up leather yang melalui proses pemelaran terlebih dulu. Proses tersebutlah yang kemudian membuat jenis ini memiliki pori-pori lebih tipis.

Langkah perawatan pertama yang bisa Anda lakukan adalah untuk selalu menyimpan sepatu bahan kulit asli tersebut di tempat yang kering. Alasannnya adalah untuk menghindari jamur pada sepatu dan juga mempertahankan sepatu tetap mengkilat. Jangan lupakan untuk menyemirnya dengan semir berbahan silikon dan gosok perlahan dengan kain yang lembut.

2. Sepatu dengan Bahan Kulit Sintetis

Bukan hanya kulit asli yang banyak pada digunakan pada sepatu tapi bahan kulit sintetis juga tidak kalah banyak digunakan pada produk sepatu. Untuk bahan kulit sintetis ini sendiri biasanya terbagi dalam dua jenis yaitu terbuat dari material PVC dan material PU. Material PU sendiri dikenal karena hasilnya yang menyerupai kulit asli hanya saja kualitasnya lebih keras.

Sedangkan untuk material PU juga mirip dengan bahan kulit asli tapi memiliki kualitas yang terbilang jauh lebih lembut. Tidak heran apabila sepatu yang berbahan material PU jauh lebih mahal harganya dibandingkan dengan sepatu berbahan PVC. Namun tetap saja, Anda harus memperhatikan perawatannya dengan baik supaya sepatu jadi lebih awet.

Langkah perawatan tersebut adalah dengan membeli sabun khusus untuk sepatu bahan berkulit sintesis. Tenang saja, karena jenis sabun ini dapat ditemukan dengan mudah di toko sepatu konvensional maupun online. Jika sudah, berikan sabun pada kain yang sudah dibasahi air sebelumnya. Gosokan pada permukaan sepatu hingga terlihat bersih dan jangan sampai sabun masuk ke dalam sepatu. Hal ini berguna untuk menjaga kualitas sepatu.

3. Sepatu Berbahan Kanvas

Sepatu berbahan kanvas adalah favorit anak muda untuk sekarang ini. Seperti yang bisa Anda lihat pada sepatu model sneakers hingga flat shoes yang kebanyakan menggunakan bahan kanvas. Banyak sekali keunggulan yang dimiliki oleh sepatu berbahan kanvas ini. Terutama karena bahannya yang ringan dan nyaman untuk digunakan.

Jadi tidak heran apabila kemudian banyak anak muda yang memfavoritkan sepatu jenis ini. Namun di balik kelebihannya, Anda juga harus mengetahui kekurangan jenis sepatu ini yaitu warnanya yang mudah pudar dan mudah sobek. Bagi Anda yang tidak ingin mengalami hal tersebut maka penting sekali memperhatikan cara perawatannya.

Cara perawatan yang paling disarankan adalah dengan mencuci sepatu berbahan kanvas ini menggunakan air hangat. Nantinya air hangat ini campurkan dengan deterjen untuk mencuci sepatu ini. Hanya saja, Anda mesti memperhatikan proses penyikatan dan usahakan jangan terlalu keras. Selain itu, keringkan sepatu ini jangan langsung di bawah sinar matahari tapi cukup di tempat yang teduh dan kering saja. Hal ini berguna untuk menjaga keawetan sepatu.

4. Sepatu Berbahan Denim

Bagi Anda yang ingin tampil dan terlihat kasual dalam setiap aktivitas sehari-hari maka sepatu berbahan denim adalah pilihan paling tepat. Bukan tanpa alasan karena jenis sepatu ini memang diperuntukan bagi mereka yang ingin tampil kasual tapi tetap menarik. Ditambah cara perawatan sepatu berbahan denim ini sendiri tidaklah terlalu rumit.

Cara perawatannya hampir serupa dengan sepatu berbahan kanvas yaitu campurkan air hangat dengan deterjen untuk mencucinya. Hanya saja perlu menjadi catatan bahwa sepatu berbahan denim ini mudah sekali menjadi bau. Cara untuk mencegahnya adalah dengan menambahkan sedikit baking pada campuran air hangat dan deterjen ketika ingin mencucinya.

Setelah itu, jangan lupakan untuk memperhatikan proses pengeringan dari produk sepatu ini. Sangat disarankan untuk tidak mengeringkannya langsung dibawah sinar matahari. Soalnya apabila Anda melakukan hal ini maka bisa menurunkan kualitas sepatu. Jadi apabila sudah dicuci, maka keringkankan di tempat yang teduh bukan di bawah sinar matahari langsung.

5. Sepatu Berbahan Suede

Bisa dibilang, sepatu berbahan Suede yang paling perlu diperhatikan oleh setiap orang. Kenapa bisa begitu? Alasannya sederhana saja karena sepatu berbahan Suede ini sendiri dianggap paling rentan rusak apabila tidak dirawat dengan benar. Untuk itulah, Anda mesti memperhatikan cara perawatannya. Langkah pertama perawatan dari sepatu berbahan Suede ini adalah dengan membeli sikat sepatu khusus untuk sepatu berbahan Suede ini.

Apabila Anda sudah membeli sikat sepatu khusus ini barulah kemudian mulai melakukan perawatan sepatu berbahan Suede ini. Masalah paling utama yang biasanya terjadi pada sepatu berbahan Suede adalah ketika sepatu ini terkena noda. Kesalahan banyak pengguna sepatu ini adalah ketika sepatu terkena noda maka langsung berusaha dibersihkan dengan air.

Ketika Anda membersihkan sepatu bahan Suede dari noda dengan air malah membuat kualitas warna sepatu akan menurun. Solusi yang bisa Anda lakukan guna membersihkan noda tersebut adalah dengan sikat khusus yang barusan dibeli dan basuh noda dengan sedikit air. Sikat perlahan pada bagian noda yang menempel di sepatu secara baik. Apabila noda yang ada di sepatu tergolong bandel dan susah dibersihkan maka Anda bisa menambahkan cuka. Cuka ini diketahui dapat membersihkan noda membandel yang menempel pada sepatu.

6. Sepatu dengan Bahan Nubuck Leather

Jenis keenam adalah sepatu dengan bahan nubuck leather seperti yang satu ini. Kesalahan banyak orang selama ini adalah menganggap bahwa sepatu bahan Nubuck Leather itu sama saja dengan Suede. Hal tersebut tidak lepas karena bahan Nubuck Leather dengan Suede memang sekilas terlihat mirip. Jadi banyak orang yang salah ataupun keliru dalam membedakannya.

Padahal sepatu dengan bahan Nubuck Leather dikenal dengan tekstur yang jauh lebih lembut daripada sepatu dengan bahan suede. Selain itu, keunggulan berikutnya yang dimiliki dari sepatu dengan bahan Nubuck Leather adalah sepatu ini dianggap jauh lebih kuat dan lebih awet dari sepatu dengan bahan Suede. Alasannya adalah karena sepatu bahan Nubuck Leather ini terbuat dari jenis kulit yang lebih keras dan lebih baik daripada bahan Suede.

Tidak heran apabila kemudian harga sepatu bahan Nubuck Leather ini jauh lebih mahal daripada sepatu bahan Suede. Dengan harga yang tergolong mahal tersebut pastinya Anda ingin selalu menjaga kondisi sepatu bahan Nubuck Leather supaya jangan sampai rusak. Untuk bisa menjaga kondisi sepatu bahan Nubuck Leather ini maka Anda harus memperhatikan cara penggunaannya.

Sebaiknya bagi Anda yang memang memiliki sepatu berbahan Nubuck Leather ini maka usahakanlah dengan sangat untuk membuat sepatu jangan sampai terkena kotoran ataupun noda. Caranya bagaimana? Salah satu cara terbaik yang bisa Anda lakukan adalah dengan memakai sepatu bahan Nubuck Leather di kondisi yang memang benar-benar memungkinkan. Kondisi yang benar-benar memungkinkan tersebut adalah ketika tempat yang dikunjung memang benar-benar dan tidak sedang berada dalam musim hujan.

Setelah Anda mengetahui cara penggunaan yang benar maka jangan lupakan juga dengan cara perawatannya. Sepatu yang terkenal larena memiliki bulu-bulus halus dari proses penghalusan ini memang tetap membutuhkan langkah perawatan supaya tetap awet. Untuk merawat produk sepatu dengan bahan kulit asli ini sendiri terbilang cukup sederhana dan bisa dilakukan sendiri di rumah. Cara perawatannya adalah dengan menggunakan sikat dan penyemprot khusus. Sikat dan penyemprot yang digunakan adalah sikat dan penyemprot yang bisa digunakan untuk sepatu berbahan Suede. Jadi kalau Anda sudah memiliki sikat dan penyemprot khusus untuk sepatu berbahan Suede maka Anda tidak perlu membelinya lagi untuk sepatu berbahan Nubuck Leather. Dikarenakan sikat dan penyemprot kedua jenis sepatu tersebut tergolong sama.

7. Sepatu Cork Wodges

Sepatu Cork Wodges tentunya tidak boleh dilewatkan begitu saja dari jajaran jenis sepatu yang digunakan oleh banyak orang. Masalahnya adalah masih banyak orang yang hanya tahu cara memakai sepatu ini tapi masih nol besar cara bagaimana merawatnya. Padahal seperti produk sepatu lainnya, apabila sepatu Cork Wodges ini tidak mendapatkan perawatan yang seharusnya maka risiko kerusakan menjadi sangat tinggi.

Padahal merawat sepatu jenis ini tidaklah terlalu merepotkan. Cukup memperhatikan cara pembersihannya yaitu membuat campuran air khusus untuk membersihkannya. Campuran air tersebut terdiri dari air hangat yang dicampur dengan deterjen secukupnya dan setengah gelas cuka yang hangat. Jika sudah, rendamlah sepatu Cork Wodges tersebut ke dalam rendaman tersebut setidaknya selama 30 detik.

Setelah proses perendaman tersebut selesai dilakukan maka mulailah untuk membersihkan sepatu tersebut. Nantinya Anda hanya perlu menggunakan kain basah guna membersihkan sepatu tersebut. Terutama pada bagian alas sepatu ini yang juga dikenal dengan nama cork yang mesti mendapatkan pembersihan dari kain basah tersebut. Cara membersihkannya adalah dengan gerakan memutar guna pembersihan yang dilakukan bisa sempurna. Jika proses pembersihan sudah selesai, keringkan dengan lap yang kering dan juga bersih.

8. Sepatu Wedges Bertali

Sepatu Wedges bertali bisa dibilang cukup menjadi andalan beberapa orang untuk tampil lebih trendy. Namun tentunya jangan sampai lupa untuk merawat sepatu Wedges bertali ini. Bagi Anda yang memang memiliki sepatu jenis ini maka perawatan tersebut bisa dimulai dengan menggunakan sikat gigi. Nantinya sikat gigi ini berguna untuk membersihkan bagian yang kotor pada jenis sepatu ini.

Terutama pada bagian tali sepatunya memang mudah sekali kotor dan membutuhkan pembersihan khusus. Pembersihan tali sepatu ini bisa menggunakan sikat gigi yang tadi sudah disiapkan. Sikatlah dengan lembut pada bagian tali sepatu tersebut yang terlihat kotor ataupun memiliki noda. Namun perlu menjadi catatan  khusus bahwa ketika menyikat pada bagian talit sepatu maka sikatlah secara satu arah. Hal ini berguna untuk membuat kondisi tali sepatu tetap terjaga dan juga tetap awet.

9. Sepatu Berbahan Kulit Domba

Bagi Anda yang mengaku sebagai pecinta sepatu berbahan kulit maka pastinya tidak ingin melewatkan sepatu berbahan kulit domba ini. Rasa nyaman ketika menggunakannya adalah salah satu alasan paling utamanya. Untuk bisa menggunakan jenis sepatu ini jauh lebih lama tentunya Anda harus bisa merawatnya dengan baik dan juga dengan benar.

Merawat sepatu ini bisa dimulai dengan menggunakan sikat pembersih untuk membersihkan kotoran maupun noda yang menempel pada sepatu. Tentunya ketika Anda menyikat sepatu ini maka lakukan secara perlahan supaya tidak merusak kualitas dari sepatu ini. Apabila Anda merasa bahwa noda yang menempel pada bagian sepatu terasa sulit maka ada cara lain mengangkatnya. Cara lain tersebut adalah dengan menggunakan penghapus putih untuk membersihkan noda membandel yang menempel pada bagian sepatu.

Jika sepatu dirasa sudah bersih maka jangan lupa untuk mengeringkannya. Namun cara pengeringan ini juga jangan sampai luput dari perhatian. Soalnya apabila Anda sampai salah dalam mengeringkannya juga akan menurunkan kualitas dari sepatu. Cara pengeringan yang benar adalah dengan menggunakan kain yang kering terlebih dulu guna mengelap bagian sepatu.

10. Sepatu Kulit Paten

Sedangkan jenis sepatu yang terakhir adalah sepatu kulit paten yang juga digunakan oleh banyak orang. Biasanya digunakan pada sepatu flat maupun hak tinggi yang berbahan kulit. Namun seperti yang diketahui  bahwa jenis sepatu ini juga mudah sekali untuk rusak hingga mudah sekali kotor. Jadi sudah menjadi tugas Anda untuk melakukan pencegahan supaya kualitas dari sepatu tetap terjaga. Caranya adalah dengan menggunakan petroleum jelly dan gosokan pada bagian sepatu yang terlihat kotor.

Tentunya Anda tidak  bisa langsung menggunakan petroleum jelly begitu saja pada sepatu. Sangat disarankan menggunakan kain bersih yang kemudian dicampurkan dengan petroleum jelly ini. Barulah kemudian usapkan kain tersebut pada bagian sepatu yang terlihat kotor. Namun apabila cara tersebut masih belum membuat Anda puas karena sepatu masih terlihat belum mengkilap. Maka masih ada cara lain yang bisa dilakukan.

Cara tersebut adalah dengan menggunakan semprotan pembersihan kaca. Untuk menggunakannya sendiri tergolong mudah yaitu Anda hanya perlu menyemprotkan sedikit pembersih kaca pada bagian luar sepatu. Usapkan dengan kain bersih pada bagian sepatu yang sudah disemprot pembersih kaca tersebut. Biasanya jika setelah melakukan hal tersebut, maka sepatu akan mengkilap lagi seperti semula dan terlihat lagi seperti baru.

Dengan semua penjelasan di atas pastinya membuat Anda lebih paham tentang jenis-jenis bahan sepatu dan cara merawatnya. Jadi Anda sudah tidak perlu khawatir lagi dengan sepatu yang mudah rusak karena trik di atas bisa langsung dilakukan sebagai pencegahannya. Sekaligus Anda jangan sampai salah ataupun keliru dalam menerapkan cara perawatan sepatu yang sesuai dengan jenis dan juga bahannya.

------
Apakah Anda ingin berbisnis Cuci Sepatu dengan harga 550rb saja anda sudah bisa membuka Bisnis Cuci Sepatu? dan yang paling enak bisa dikerjakan dari rumah loh! Yuk Call/Whatsapp Admin : 082114923942





Tags : Cuci Sepatu Tangerang Selatan | Cuci Sepatu Pondok Aren | Cuci Sepatu BSD | Cuci Sepatu Termurah | Cuci Sepatu Terbaik | Jasa Laundry Sepatu Tangerang Selatan | Jasa Laundry Sepatu Pondok Aren | Zhoes Laundry | Zhoes Pondok Aren | Cara mencuci sepatu | Jenis Jenis Bahan Sepatu | Tips Trick Cuci Sepatu | Sabun Pencuci Sepatu | Deterjen Pencuci Sepatu | Shoeporter | Ishoe Laundry | Sneaklin | Cuci Sepatu BSD | Clean Laundry & General Cleaning | solle.id | Kicks N Clean | shoestamp laundry sepatu | cikren cuci sepatu keren | Cuci sepatu Mozdeo | cara bisnis cuci sepatu | daftar franchise cuci sepatu | daftar franchise laundry sepatu | tips berbisnis laundry sepatu | Cuci Sepatu | Laundry-Sepatu

Posting Komentar